Home » » Astronom: Awal Puasa 10 Juli 2013

Astronom: Awal Puasa 10 Juli 2013

Written By Unknown on Selasa, 09 Juli 2013 | 06.38


Sejumlah peneliti astronomi menyatakan awal puasa di Indonesia akan dimulai pada 10 Juli 2013. Berdasarkan hasil penghitungan untuk menentukan posisi bulan (hisab), kemunculan bulan sabit (hilal) baru akan jelas disaksikan (rukyat) pada Selasa petang, 9 Juli 2013.

Astronom dari Institut Teknologi Bandung, Mudji Raharto, mengatakan ketinggian hilal pada 8 Juli masih kurang dari 1-2 derajat dari garis ufuk. "Kalau pada 9 Juli bulannya sudah tinggi, sehingga pengamatan bisa dimulai," katanya kepada Tempo, Selasa, 2 Juli 2013.

Peneliti astronomi lainnya dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, senada dengan Mudji. Menurut dia, kemunculan hilal di seluruh Indonesia pada 8 Juli petang ketinggiannya masih kurang dari 2 derajat. "Jadi, kalau ada yang mengaku melihat hilal pada 8 Juli, kemungkinan besar akan ditolak. Karena cahaya bulan sabit yang tipis tidak akan mengalahkan cahaya matahari terbenam," ujarnya.

Meskipun begitu, kata Djamaluddin, Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa pada 9 Juli dan akan berpuasa selama 30 hari. Baik Muhammadiyah maupun yang memulai puasa pada 10 Juli nantinya akan merayakan Hari Lebaran serentak pada 8 Agustus. "Apa pun yang terjadi dengan perbedaan itu, masyarakat disarankan ikuti saja penetapan awal puasa dari pemerintah," kata dia.
Share this article :
 
Copyright © 2013. Wanita Muslim - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger