Sarah Joseph menempuh cara lain dalam menerjemahkan Islam kepada dunia Barat. Wanita asal London, Inggris itu meluncurkan sebuah majalah gaya hidup
Islam yang ditujukan terutama bagi kalangan muda, dan salah satu
targetnya adalah pembaca non-Muslim. Majalah itu, awalnya, dibiayai dari
tabungannya sendiri.
Kini, Majalah Emel mulai dikenal khalayak dan bersanding dengan
majalah-majalah terkenal lainnya di toko-toko buku. Emel, nama majalah
itu. Berasal dari dua huruf M dan L sebagai singkatan dari Muslim Life.
Rubrik-rubriknya menampilkan gaya hidup Islam menyangkut fasyen,
desain interior, keuangan, entrepreneur, kesehatan, makanan, hingga
kisah perjalanan.
Lalu ada juga rubrik berkebun dan ficer tentang
penemuan-penemuan ilmuwan Muslim di masa lampau. Semuanya dikemas secara
populer dengan menampilkan sisi Islam yang selama ini terlupakan di
tengah arus Islamofobia dan isu terorisme.
Melalui Emel, Sarah berupaya mempresentasikan Islam yang sebenarnya,
dengan menonjolkan kontribusi yang telah mereka buat, terutama untuk
membangun opini masyarakat Barat.
Dengan sentuhan desain dan tata letak yang menarik, pesan-pesan Islam
yang ditampilkan dalam setiap artikel dapat dipahami secara luas tanpa
dogma-dogma agama atau bumbu politik.
”Jadi, saya kira, Muslim Inggris dan di Barat umumnya, harus
menemukan jawaban atas apa yang terjadi saat ini. Harus jadi jembatan
antara dua dunia itu. Kita-kita yang lahir dan besar dalam masyarakat
Inggris, memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan Islam pada kalangan
Barat,’’ papar Sarah yang bersuamikan Mahmud al-Rashid, seorang pria Inggris keturunan Bangladesh
Ia mengatakan Islam memiliki kapasitas untuk memberikan yang terbaik.
Syaratnya, kata Sarah, Barat harus memulainya dengan melihat Islam
sebagai bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah yang harus
dijauhi.
Mengenai bisnis media yang dijalaninya, ungkap Sarah, banyak pihak
yang mengira dirinya telah mengeluarkan modal yang cukup besar untuk
memulai usahanya ini.
‘’Seorang wartawan BBC mengira kami punya modal hingga 5 juta
pounds. Saya tertawa. Kami mulai dengan modal awal 20 ribu pounds,” jelas ibu dari Hasan, Sumayah, dan Amirah itu.
Melalui majalah itu, Perempuan yang pernah mendapat undangan, saat
Toni Blair menjabat Perdana Menteri Inggris itu, Sarah ingin menunjukkan
sesuatu yang lain. Bahwa Islam bukan hanya ibadah shalat atau politik.
Tapi Islam juga mengatur gaya hidup.
Dulu banyak yang tidak tahu bagaimana konsep hidup seorang Muslim.
Namun kini perlahan mulai jelas setelah majalah ini diluncurkan. Emel
berhasil merebut pasar yang belum banyak dimanfaatkan media lain dan
meruntuhkan imej buruk sebagian kalangan yang membenci Islam. Oplahnya
kini lebih dari 20 ribu eksemplar dan memiliki tiga ribu pelanggan
tetap.
Sebagai Chief Executive Officer (CEO) sekaligus Editor Emel,
Sarah giat membantu pengembangan ide dengan meramu Islam masa kini dan
masa lalu serta mengajak pembaca Muslim memberikan kontribusi mereka.
Majalah yang bermarkas di Whitechapel, timur London itu memiliki enam
orang staf dan beberapa relawan. sumber:KisahMuallaf.com